Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

TV MUHAMMADIYAH (ADiTV Jogja)

Untuk dapat menonton konten ini anda perlu menginstall flash player
# Langsung live dari Adi-TV Jogjakarta

Rabu, 29 Oktober 2014

MENUMBUHKAN GENERASI CINTA QUR'AN


Lomba-lomba yang diselenggarakan guna memeriahkan kegiatan Milad ke-105 Muhammadiyah dan juga peringatan tahun baru Islam, 1 Muharram 1436 H, bukan tanpa maksud dan tujuan. Dengan adanya lomba Qiro’ah, tahfidzul Qur’an, Da’i Cilik dan Sholat Jama’ah, me-nunjukkan bahwa insan pendidik Muham-madiyah di Surabaya serius dalam mem-persiapkan generasi mudanya untuk cinta terhadap al-Qur’an sebagai kitabullah dan pedoman hidupnya. Karena itu ajang unjuk prestasi ini merupakan momen yang tepat untuk lebih meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap al-Qur’an, yang tidak hanya dihapal dan dilantunkan, melainkan juga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Ustadz Ismail Abbas, selaku Juri Lomba Tahfidzul Qur’an, rata-rata hapalan al-Qur’an pada juz ke-30 para peserta dari TPQ dan Perguruan Muhammadiyah sangat baik dan lancar. Hanya saja menurut catatannya, ada 1-2 peserta yang agak gugup dan kurang konsentrasi ketika dilihat orang banyak.

Ustadz Munahar, sebagai salah satu Juri Lomba Qiro’ah menyatakan bahwa potensi dan kemampuan para qari’ muda kita tidak perlu diragukan, namun ketrampilan mereka perlu ditingkatkan lagi dan harus lebih sering diasah dalam berbagai kesempatan. Oleh karena itu perlu pembinaan tambahan bagi para Juara agar nanti mereka dapat berprestasi di even lomba di tingkat eksternal.

Dalam hal lomba sholat jama’ah, menurut Ust. Abdul Hakim, selaku salah satu Juri, semangat para peserta cukup besar, namun masih banyak bacaan do’a sholat yang tidak seragam. Ke depan, menurut Abdul Hakim, Majelis Tarjih, Tabligh dan Dikdasmen harus duduk satu meja untuk menyusun tuntunan standar praktis sholat bagi para santri TPQ dan siswa Perguruan Muhammadiyah (SD, SMP, SMA dan SMK). Frekuensi lomba-lomba seperti ini juga perlu ditambah sehingga akan memacu prestasi cemerlang dari TPQ dan Perguruan Muhammadiyah, tambah Abdul Hakim.


PARA JUARA LOMBA

Dalam even tahunan ini, yang bertindak sebagai tim Juri Lomba Tahfidzul Qur’an adalah Ustadz Ismail Abbas dan Ustadzah Miftah. Juri Lomba Qiro’ah adalah Ustadz Munahar, Yahya dan Riyan. Juri Sholat Jama’ah Ustadz Abdul Hakim dan Ustadz Imanan serta Juri Lomba Da’i Cilik Ustadz Suba’i Mustalim dan Suyipto.

Lukman Haryanto, selaku Koordinator Lomba, menyatakan bahwa penentuan Juara lomba dilaksanakan oleh Tim Admin dengan sistem scoring, yaitu menjumlahkan seluruh angka sesuai dengan penilaian yang dibubuhkan oleh tim Juri, bahkan Juri tidak mengetahui siapa yang memperoleh nilai tertinggi dan siapa juaranya. Semua dilakukan dengan sistem scoring nilai.

Adapun setelah dilakukan penju-rian dan penilaian maka M. Yusuf, selaku Koordinator Panitia Lomba menetapkan dan mengumumkan para juara lomba dengan uraian sebagai berikut :

LOMBA DA’I CILIK. Juara I TPQ Al-Fatah (No. 10), Juara II TPQ Al-Fatah (No 7), dan Juara III TPQ Umar Bin Khaththab (No. 8). LOMBA SHOLAT BERJAMA’AH. Juara I MI Muhammadiyah 5 (No.19), Juara II SD Muhammadiyah 11 (No.32) dan Juara III SD Muhammadiyah 12 (No.1). LOMBA QIRO'AH TINGKAT ANAK-ANAK. Juara I MI Muhammadiyah 25 (No.20), Juara II Balai Dakwah Muhammadiyah Kalibutuh (No. 22) dan Juara III SD Muhammadiyah 26 (No.18). LOMBA QIRO'AH TINGKAT REMAJA. Juara I SMP Muhammadiyah 2 (No.3), Juara II SMA Muhammadiyah I (No.20) dan Juara III SMA Muhammadiyah 3 (No.1). LOMBA TAHFIDZUL QUR'AN TINGKAT ANAK-ANAK. Juara I SD Muhammadiyah 15 (No.52), Juara II SD Muhammadiyah 12 (No.3) dan Juara III SD Muhammadiyah 21 (No.9). LOMBA TAHFIDZUL QUR'AN TINGKAT REMAJA. Juara I TPQ Al-Mabrur (No.43), Juara II TPQ Al-Mabrur (No.42) dan Juara III SMP Muhammadiyah 2 (No.30).

Adapun penyerahan Trophy dan Hadiah untuk para Juara Lomba akan diserahkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Surabaya pada saat even Tabligh Akbar Milad ke-105 Muhammadiyah pada tanggal 23 Nopember 2014 di Gedung Islamic Center Dukuh Kupang Surabaya. Kita ucapkan Selamat kepada para Juara dan teruslah berprestasi ! (Adit-RED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


LAZISMU Surabaya

LAZISMU Surabaya
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya

MARI BERAMAL NYATA

MARI BERAMAL NYATA