Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

TV MUHAMMADIYAH (ADiTV Jogja)

Untuk dapat menonton konten ini anda perlu menginstall flash player
# Langsung live dari Adi-TV Jogjakarta

Minggu, 26 Juni 2011

MENDIDIK ANAK YATIM MENJADI MANDIRI DAN KREATIF

PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH KENJERAN SURABAYA
Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kenjeran Surabaya berdiri tahun 1990 dan merupakan pecahan dari PCM Sukolilo, sebagai akibat pemekran wilayah kecamatan. Ketua PCM. Kenjeran yang diberikan amanah saat itu adalah Drs. Abdul Munif, sedangkan bagian PKU adalah Drs. Khatam Susanto.

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat miskin dan kurang mampu, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kenjeran memandang perlu mengadakan amal usaha bidang sosial. Karena itu pada Raker PCM Kejeran tahun 1990 disepakati dan diputuskan untuk mencari lahan yang memadai dan strategis guna membangun Panti Asuhan. Pada tahun 1993 akhirnya dilakukan jual beli tanah seluas 1.024 meter persegi di Jalan Tambak Wedi Baru 77 Surabaya dengan pemilik tanah, Bpk. Tamiadji BA. PCM Kenjeran terutama bagian PKU waktu berupaya keras untuk dapat melunasi pembayaran tanah dengan cara diangsur sementara itu juga dapat memberikan santunan kepada anak yatim piatu dan para dhuafa.

Waktu terus berjalan, keberadaan Panti sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kian lama jumlah anak yatim piatu dan fakir miskin serta kaum jompo yang disantuni semakin bertambah. Oleh karena itu pembangunan gedung panti yang memadai mutlak diperlukan dan harus dipercepat. Periode 1996-2000 adalah masa pembangunan gedung panti dengan daya upaya para pengurus PCM dan bagian PKU serta dukungan dana swadaya masyarakat. Hingga saat ini PAM Kenjeran mengasuh dan menyantuni 167
anak dan 55 kaum jompo.

Alhamdulillah pada periode tahun 2001-2005 telah berdiri megah gedung Panti Asuhan Muhammadiyah (PAM) Kenjeran dua lantai dan telah ditempati untuk aktivitas penyantunan dan pembinaan walau belum resmi. Pada tahun 2007 PAM Kenjeran telah dapat berfungsi lengkap dengan pengurus, pengelola, pengasuh dan berbagai fasilitas penunjang yang mendukung aktivitas anak asuh.

Sebagaimana Panti Asuhan Muhammadiyah lainnya PAM Kenjeran melakukan aktivitas pembinaan dan penyantunan sesuai dengan visinya yaitu terbentuknya kader muslim yang bertaqwa, cerdas, trampil, mandiri, mampu berdakwah dan berguna bagi agama, masyarakat dan Negara. Karena itu sesuai dengan misinya maka PAM Kenjeran melaksanakan kegiatan yang mendorong agar anak menjadi insan yang beriman dan bertaqwa, seperti menggiatkan Sholat berjmaah dan Sholat malam, serta aktivitas keagaam lainnya seperti puasa senin-kamis, taddarus dan ibadah-ibadah lainnya yang disyariatkan. Kegiatan sehari-hari adalah menyekolahkan anak asuh pada sekolah-sekolah Muhammadiyah dan mengadakan bimbingan belajar.



Guna meningkatkan skill dan ketrampilan anak asuh dilaksanakan kegiatan seperti pelatihan-pelatihan minat bakat dan kewirausahaan. Dalam bidang perkaderan anak asuh diarahkan untuk mengikuti kegiatan ortom Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Diniyah dan Pesantren Romadhon. Aktivitas kemandirian dalam bidang ekonomi pun diintensifkan dengan mengadakan berbagai usaha bisnis, antara lan catering, penjualan sembako, percetakan/sablon dan lain sebagainya. (Sumber : Buku Profil Panti Asuhan Muhammadiyah dan Aisyiyah MKKM/Forpama Surabaya).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar


LAZISMU Surabaya

LAZISMU Surabaya
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya

MARI BERAMAL NYATA

MARI BERAMAL NYATA