Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

TV MUHAMMADIYAH (ADiTV Jogja)

Untuk dapat menonton konten ini anda perlu menginstall flash player
# Langsung live dari Adi-TV Jogjakarta

Senin, 13 Oktober 2014

SEMBELIT

KONSULTASI KESEHATAN bersama dr. Patrita Ardhanariswari (Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya)

Assalamualaikum, Bu Dokter saya mau bertanya. Akhir-akhir ini saya tidak bisa buang air besar, kadang-kadang sampai 4 hari. Itupun bisa buang sedikit, padahal saya ada rasa ingin buang air besar, tapi ketika di WC saya hanya mengeluarkan angin tapi tetap tidak dapat buang air besar. Sebenarnya saya ini sakit apa, Dok? Apa usus buntu ataukah yang lain? Terima kasih atas jawabannya.

Sulit buang air besar (sembelit) seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman. Secara umum penyebab sembelit adalah kurangnya konsumsi cairan dan serat. Pada kondisi sembelit sering kali penderita merasakan keinginan buang air besar tapi tidak dapat mengeluarkan dengan tuntas dan malah mengeluarkan angin. Itu dikarenakan pada proses ini, feces(kotoran) yang sudah lama berada di rectum menjadi padat dan cairannya terserap kembali, sehingga volumenya tidak mencukupi untuk memberi respon pengeluaran feses. Penumpukan feces ini menyebabkan pengeluaran gas, yang menjadi buang angin.


Pada kasus ini, perlu beberapa pertanyaan lagi yang perlu ditanyakan, seperti, apakah akhir-akhir ini pola makan tidak sebanyak biasanya, apakah ada aktivitas yang berlebihan sehingga menyebabkan banyaknya keringat yang dikeluarkan atau apakah stress yang dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh.

Beberapa hal yang ada dalam keseharian yang dapat menjadi penyebab susahnya buang air besar adalah:
- Stress. Faktor psikologis dapat mempengaruhi kinerja sistem darah secara keseluruhan. Contohnya pada orang yang sedang dilanda stress, saaraf-saraf pencernaannya dapat  terganggu sehingga menyebabkan gerakan peristaltic usus tidak bekerja normal. Hal ini menyebabkan gangguan buang air besar.
- Salah makan. Ada beberapa makanan yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memicu susah buang air besar. Makan makanan kaleng atau olahan, daging merah dan gorengan seringkali menjadi penyebab susah buang air besar. Selain itu, minuman yang mengandung kafein, seperti the atau kopi juga menjadi pemicu sulit buang air besar.
- Kurang minum air dan konsumsi serat. Sinyal untuk buang air besar biasai ditandai rasa mulas saat perut terasa penuh. Perasaan penuh di perut tersebut dapat diperoleh dari makan makanan seperti buah dan sayur.

Memperbaiki pola hidup dan pola makan dapat menjadi langkah awal mencegah sembelit. Bila sembelit masih tetap berlanjut bahkan sampai mengeluarkan darah, disarankan agar anda langsung berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Semoga jawaban kami dapat membantu dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


LAZISMU Surabaya

LAZISMU Surabaya
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya

MARI BERAMAL NYATA

MARI BERAMAL NYATA