Mengawali tahun 2013, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muhammadiyah Kota Surabaya mengadakan Rapat Kerja yang dilaksanakan pada tanggal 26-27
Januari 2013 bertempat di Hotel Arumdalu Batu Malang. Dalam rapat kerja ini
diikuti oleh pengurus KBIH, Majelis Tabligh, dan Pimpinan Daerah Muhammadiyah
Kota Surabaya.
Dalam sambutannya, Ketua Pimpinan Daerah
Muhammadiyah Kota Surabaya (Drs.H.M.Zayin Chudlori, M.Ag) menyampaikan 3 hal
penting untuk meningkatkan pelayanan kepada jamaah, yaitu: Pertama, Penataan Manajemen
Marketing. KBIH sebagai lembaga yang bergerak di bidang pelayanan jasa
hendaknya menyusun marketing dengan melibatkan jaringan yang sudah dimiliki
oleh Muhammadiyah melalui amal usahanya, mulai tingkat ranting sampai cabang.
Disamping memaksimalkan jaringan di Muhammadiyah, KBIH juga harus memanfaatkan
teknologi informasi modern yang diakses oleh kaum muslimin secara luas.
Kedua, Penataan manajemen
proses. KBIH harus terus berbenah dalam peningkatan pelayanan proses bimbingan,
baik bimbingan di tanah air (sebelum berangkat) maupun bimbingan di Tanah Suci
Makkah-Madinah. Selama pelaksanaan ibadah haji di Makkah, KBIH Muhammadiyah
tidak boleh kering dari kegiatan. Banyak hal yang dapat dilakukan, diantaranya
kajian tafsir al-Qur’an, pembinaan tartil, dan kajian HPT.
Ketiga, Penataan manajemen
pasca haji. Alumni KBIH yang terdiri dari kelompok masyarakat umum, simpatisan
dan anggota Muhammadiyah-‘Aisyiyah perlu untuk mendapat bimbingan secara
terprogram. Pembinaan alumni ini sangat banyak manfaatnya. Bagi jamaah akan
menambah wawasan tentang ke-Islaman sehingga terpelihara menjadi haji mabrur.
Bagi KBIH sebagai sarana marketing untuk rekrutmen calan jamaah haji. Bagi
Persyarikatan sebagai media perluasan dakwah Muhammadiyah.
Acara rapat kerja, dipimpin langsung oleh ketua
KBIH (Drs.H.M.Sjafi’i) dan didampingi oleh PDM dan juga perwakilan dari Majelis
Tabligh (Suyadi, S.Ag.M.Pd.I). Beberapa program prioritas di tahun 2013 telah
dihasilkan, yaitu: perbaikan manajemen organisasi, pembinaan jamaah,
peningkatan pelayanan dan fasilitas sarpras, teknik rekrutmen jamaah, serta
kriteria calon pembimbing.
Di tahun 2013, KBIH memiliki program baru yaitu
pelayanan UMROH dan HAJI PLUS dengan harga bersaing dan pelayanan prima. Sumber: Ali Fauzi
(Sekretaris KBIH)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar