Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

TV MUHAMMADIYAH (ADiTV Jogja)
# Langsung live dari Adi-TV Jogjakarta
Rabu, 16 Januari 2013
MEMBANGUN CITRA LEMBAGA PENDIDIKAN
Oleh : Ir. Sudarusman
Sekolah adalah lembaga paling strategis untuk menciptakan perubahan masa depan. Berdasarkan dari realita di masyarakat pengelolah lembaga pendidikan tidak serta merta mendirikan sekolah tanpa memperhitungkan potensi sekolah dan potensi pasar yang tepat. Potensi sekolah yang memiliki keahlian dan kualitas yang baik harus memilih pasar yang tepat. Pasar yang tepat di sini adalah di mana para calon peserta didik sesuai dengan keahlian dan kualitas yang dimiliki sekolah tersebut.
PENCITRAAN LEMBAGA PENDIDIKAN
Menurut penulis, bagian yang terpenting dari pengelolahan lembaga pendidikan bukanlah intelektualitas semata, yang terpenting khususnya intelektualitas praktis. Intelektual yang mencakup kemampuan untuk berinovasi, membaca situasi secara riil, menangkap dan menciptakan peluang, mengelolah aset, membuat perencanaan yang kalkulatif dan mencari solusi. Setiap lembaga pendidikan mau tidak mau harus mempunyai intelektualitas yang praktis karena lembaga pendidikan kami memiliki kemampuan menjadikan konsep ke realita.
Inovasi yang dimiliki setiap lembaga pendidikan dibutuhkan untuk mengembahkan segala hal yang lama menjadi sebuah produk yang terbaru yang memiliki nilai jual tinggi. Lembaga pendidikan wajib untuk bisa membaca sebuah situasi yang nyata dan jelas disetiap waktu dan suasana. Di sini kita harus bisa memanage aset yang kita miliki mulai aset gerak dan tidak bergerak. Semua itu harus kita kelola secara baik dan terkonsep. Beberapa hal di atas itu harus kita asa dan kemas secara baik sebab hal tersebut adalah tonggak dasar sebuah instansi sekolah.
Peluang menjadi hasil dan potensi menjadi prestasi. Hampir disetiap awal tahun ajaran. Dunia pendidikan diributkan dengan masalah klasik penerimaan siswa baru. Salah satu indikator utama untuk mengukur lembaga pendidikan adalah jumlah peserta didik yang diterima lebih banyak dari yang keluar atau pagu yang disediahkan lebih sedikit dari calon peserta didik yang mendaftar.
PENTINGNYA MEMBANGUN BRAND SEKOLAH
Brand biasa kita kenal dengan merek atau nama yang dikenal khalayak. Setiap sesuatu yang “dijual” kepada khalayak harus memiliki brand yang berkualitas. Pembangunan brand itu harus muncul dari awal konsep pembangunan dan segment pasar yang harus “dirangkul.”
Pembangunan brand sekolah dimulai dari awal kita membangun dan membawa tujuan lembaga sekolah tersebut. Ada beberapa tujuan yang harus kita pahami terlebih dahulu untuk membangun pentingnya sebuah brand sekolah. Salah satunya adalah sekolah memiliki brand agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Untuk dikenal kita harus memiliki produk yang dapat dijual sesuai dengan pasar yang akan kita masuki. Menginjak yang kedua, kita harus memiliki tujuan untuk bisa dipandang oleh khalayak itu bagus untuk “dibeli.” Tujuan selanjutnya kita harus bisa memiliki sesuatu yang “beda” dari yang lain agar dapat dipilih oleh khalayak. Dan yang terakhir, tujuan untuk membangun brand sekolah adalah agar direkomendasikan oleh khalayak karena keunikannya melakukan sesuatu yang tidak terpikirkan oleh orang lain.
MANFAAT BRANDING BAGI SEKOLAH
Brand bagi lembaga sekolah saat ini sangat dibutuhkan untuk kemajuan lembaga itu sendiri. Salah satu brand yang harus kita miliki adalah “keunikan.” Keunikan inilah yang menjual untuk besarnya nama sekolah.
Manfaat yang kita miliki dengan adanya brand sekolah adalah siswa yang berkualitas sangat minat untuk mendaftar ke sekolah kita. Kedua, lembaga sekolah kita memiliki image positif di khalayak karena informasi yang mereka dapat adalah hal-hal yang inovatif dan kreatif. Ketiga, dengan adanya brand sekolah kita dengan mudah dapat membangun alur komunikasi dengan lembaga pendidikan di dalam negeri dan luar negeri serta dapat membangun kerjasama dengan instansi swasta maupun negeri.
Semoga dengan membangun citra lembaga pendidikan dapat membangun dan membersarkan lembaga pendidikan Muhammadiyah dengan baik serta menciptakan generasi muda yang berkulaitas, inovatif dan berakhlaq.
Penulis adalah Kepala SMP Muhammadiyah 2 Surabaya.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)

MARI BERAMAL NYATA

Tidak ada komentar:
Posting Komentar