Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

Sambut Ramadhan 1442 Hijriyah

TV MUHAMMADIYAH (ADiTV Jogja)

Untuk dapat menonton konten ini anda perlu menginstall flash player
# Langsung live dari Adi-TV Jogjakarta

Minggu, 28 Februari 2016

KEUTAMAAN BEKERJA

oleh : Drs. Abdul Hakim, M.Pd.I.

“Dan, katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” QS AtTaubah 10.

Inilah salah satu ayat Alquran yang memerintahkan manusia, terlebih umat Islam, untuk bekerja. Bekerja dalam pandangan Islam adalah kenisscayaan. Sebab, hanya manusia yang bisa dan harus bekerja. Beragam keutamaan tentu akan didapat oleh siapa pun yang menjadikan bekerja sebagai brand kehidupan, terlebih sebagai seorang muslim.

Pertama, mengaktualisasikan potensi. Bekerja itu bukti kesadaran diri bahwa Alloh telah menganugerahkan potensi jasmani-ruhani kepada setiap manusia. Manusia bisa eksis dalam bidang ekonomi, sosial, politik, pendidikan, hukum, dan agama berkat budaya kerja. Bekerja adalah pintu utama mewujudkan harapan dan impian tak terukur setiap manusia. Bekerja bahkan termasuk budaya tertua dalam peradaban manusia.

Kedua, indikator manusia beradab. Bekerja memang menandai awal peradaban manussia. Dengan bekerja, hidup seorang muslim jadi terhormat. Selain dapat memenuhi hajat hidup diri dan orang-orang yang menjadi tanggung jawabnya, dengan bekerja seorang muslim telah memerdekakan diri dari ketergantungan kepada orang lain. Para pekerja adalah mereka yang telah membangun mozaik peradaban.

Ketiga, tanda bersyukur. Alloh menganugerahkan nikmat tak terhingga agar manusia pandai bersyukur. Di antara tanda-tanda bersyukur adalah menggunakan nikmatnya untuk memenuhi kewajiban beribadah dan memenuhi kewajiban hidup sebagai khalifah-Nya. Bekerja selain menjadi pintu rizki, juga menjadi media seorang mukmin bersyukur. Dengan bekerja seorang mukmin mudah melaksanakan kewajiban hablun minalloh dan hablun minannas. Dengan bekerja, seorang mukmin bersyukur atas nikmat sehat, usia, ilmu, dan nikmat iman.

Keempat, terhindar dari kefakiran. Alloh menciptakan bumi, langit dan seisinya sebagai sumber rizqi bagi seluruh makhluknya. Alloh memerintahkan setiap muslim untuk bekerja demi memenuhi kebutuhan hidup yang hanya bisa diperoleh dengan bekerja. Alloh telah menganugerahi setiap manusia daya atau energi kerja. karena itu, tidak ada alasan bagi siapapun untuk tidak bekerja. Dengan bekerja manusia terhindar dari kefakiran dan kemiskinan. Bekerja salah satu bukti ketaatan seorang mukmin kepada Tuhannya.

Kelima, menunaikan amanah. Alloh memerintahkan setiap mukmin menunaikan amanah kepada Alloh, mupun kepada manusia. Amanat adalah salah satu ciri mukmmin. Tidak beriman orang yang tidak menunaikan amanat. Demikian sabda Rosululloh Muhammad SAW. Bekerja adalah amanat Alloh, amanat Nabi-Nya, amanat kemanusiaan, dan amanat semesta. Dengan bekerja, seorang mukmin memenuhi ketaatan kepada Alloh, meneladani nabinya, dan membangun kepedulian serta tanggung jwab sosial.

Keenam, jihad fi sabilillah. Bekerja mencari nafkah halal untuk memenuhi kewajiban sebagai mukmin adalah bagian dari jihad fi sabilillah. Demikian pula bekerja secara halal untuk memenuhi kebutuhan diri, keluarga, dan umat adalah sebuah kemuliaan. Tidak sepantasnya seorang mukmin hidup berpangku tangan, bermalas-malas, apalagi menadahkan tangan untuk memenuhi kebutuhan.

Ketujuh, jalan mudah beramal salih. Seorang mukmin yang bekerja lebih mudah menunaikan kewajiban beramal salih. Menunaikan kewajiban berzakat, berinfak dan bersodaqoh. Selain terhindar dari ketergantungan kepada orang lain, dengan bekerja hidup jadi lebih bermanfaat bagi banyak orang. Tidak termasuk kategori orang yang merugi. Dengan bekrja, seorang mukmin tidak tergoda melakukan tindak kriminal dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kedelapan, bentuk aktualisasi diri. Ada banyak cara mengaktualisasikan diri. Selain menuntut ilmu, bekerja adalah salah satu cara melakukan aktualisasi diri. Dengan bekerja, seseorang menjadi lebih terhormat. Sebaliknya tanpa bekerja, seseorang bisa kehilangan self confident atau kepercayaan diri. Orang-orang yang bekerja lebih percaya diri. Dengan bekerja seseorang selain merasa lebih terhormat, juga dapat melaksanakan peran sosial lebih besar dan signifikan.

Kesembilan, sehat jasmani-ruhani. Bekerja itu menyehatkan. Manusia adalah makhluk berkebutuhan. Kebutuhan jasmani, sekaligus ruhani. Bekerja adalah ikhtiar manusiawi memenuhi kebutuhan jasmani-ruhani sebagai keseimbangan yang harus dijaga dan dipenuhi. Bila keseimbangan jasmani dan ruhani dapat diwujudkan, hidup manusia lebih sehat, lebih afiat. Keseimbangan ini adalah tuntunan Islam yang harus dijaga seetiap muslim.

Kesepuluh, membangun hubungan silaturrahim. Dengan bekerja manusia membangun kebersamaan sosial. Tolong-menolong, saling berbagi, dan saling peduli. Bagi seorang mukmin, bekerja lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan, tetapi media mewujudkan kebersamaan sebagai saudara seiman. Menolong saudara seiman, serta menjaga hubungan silaturrahim adalah salah satu misi sosial Islam. Dengan bekerja seorang mukmin memenuhi salah satu perintah utama agamanya.

3 komentar:

  1. Do this hack to drop 2 lbs of fat in 8 hours

    At least 160 000 women and men are using a simple and SECRET "water hack" to lose 2 lbs every night as they sleep.

    It is very simple and it works on anybody.

    You can do it yourself by following these easy steps:

    1) Go get a glass and fill it with water half the way

    2) And now do this crazy HACK

    you'll be 2 lbs thinner the next day!

    BalasHapus
  2. If you're trying to lose pounds then you absolutely have to try this totally brand new tailor-made keto meal plan.

    To create this service, licensed nutritionists, personal trainers, and chefs have joined together to produce keto meal plans that are effective, decent, price-efficient, and delicious.

    Since their grand opening in early 2019, 100's of clients have already completely transformed their body and health with the benefits a proper keto meal plan can offer.

    Speaking of benefits; clicking this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto meal plan.

    BalasHapus
  3. You should see how my partner Wesley Virgin's story starts with this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get anything they want.

    As it turns out, these are the same secrets lots of famous people (especially those who "became famous out of nothing") and elite business people used to become wealthy and successful.

    You've heard that you utilize only 10% of your brain.

    Really, that's because the majority of your brainpower is UNCONSCIOUS.

    Perhaps that thought has even occurred INSIDE OF YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head 7 years ago, while driving an unlicensed, beat-up bucket of a car without a license and $3.20 in his pocket.

    "I'm so fed up with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've taken part in those types of thoughts, isn't it right?

    Your very own success story is waiting to start. You just need to take a leap of faith in YOURSELF.

    Take Action Now!

    BalasHapus


LAZISMU Surabaya

LAZISMU Surabaya
Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah Surabaya

MARI BERAMAL NYATA

MARI BERAMAL NYATA